Ini adalah jurnal mengenai perjalanan saya ke daerah-daerah di Indonesia. Saya tidak selalu berniat melakukan petualangan karena lebih sering saya melakukan perjalanan karena ditugaskan kantor saya. Dalam perjalanan itu, di waktu luang saya mencoba kekayaan masakan khas daerah tersebut.

Akhirnya, jurnal perjalanan ini menjadi sekedar jurnal icip-icip masakan nusantara. Saya tak begitu pandai menilai enak-atau tidaknya suatu masakan. Saya hanya bisa menggambarkannya saja. Masalah rasa enak atau tidak enak, saya tak berani mendikte lidah Anda. Lidah saya sendiri saja saya tak berani dikte.

Gastronomi adalah sebuah ilmu relasi antara makanan dan budaya. Bukan penilaian enak atau tidaknya. Saya makan bukan karena lezat (kalau begini biasanya saya menjadi gemuk dan tidak sehat). Bukan juga karena gaya hidup (yang membuat saya konsumtif hanya untuk makan apa yang orang lain makan).

Saya mencoba makanan khas daerah karena menikmati budaya. Makan adalah pengalaman. Not just eat it, experience it! Selamat makan!

Minggu, 04 Desember 2011

Pacri Nanas Warung Dangau

Masakan Melayu terkenal dengan kepedasan dan pemakaian santannya. Umumnya masakan Melayu terkenal dengan pengaruh India, dengan modifikasi rempah-rempah lokal. Tak heran di setiap rumah makan Melayu atau Minang, selalu kita temukan gulai.

Hal ini tak berbeda dengan budaya gastronomi Melayu Sambas. Di Sambas, Kalimantan, memiliki populasi orang Melayu yang sama besarnya dengan kota-kota di Sumatera. Sama juga kasusnya dengan kota-kota lain di Kalimantan seperti Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, dan lain-lain.

Untuk itu tak salah apabila kita mengharapkan menemui hidangan gulai sebagai hidangan khas di Pontianak. Mayoritas penduduk Pontianak adalah Melayu, ditemani oleh etnis-etnis lain seperti Cina, Dayak, dan lain-lain. Hidangan gulai yang cukup digemari di daerah Pontianak, Singkawang, Sambas dan sekitarnya adalah pacri nanas.

Mungkin Anda merasa salah baca karena aneh bahwa buah nanas dijadikan gulai? Anda tidak salah, memang Pacri Nanas adalah sejenis gulai dari nanas, bukan daging atau ikan seperti layaknya kita menjumpai gulai. Pacri nanas adalah tipikal masakan vegetarian asli Melayu. Karena asli Melayu, meskipun vegetarian, mereka tidak meninggalkan santan yang berminyak dalam masakan ini.

Banyak orang yang merasa tidak biasa makan nasi bersama buah. Ini adalah hal menarik yang harus dicoba. Sebenarnya beberapa budaya lain di Indonesia sudah terbiasa makan durian dengan nasi, atau buah lainnya. Sambal mangga adalah sambal favorit istri saya. Ayah saya juga dulu terbiasa makan semangka dengan nasi, yang akhirnya saya tiru. Sensasinya justu mengasyikkan, sangat menyegarkan. Di saat bumi Indonesia kaya akan buah, kita masih belum cukup banyak mengonsumsinya.

Warung dangau di Pontianak terletak di lokasi yang asri, yang membuat kita lebih betah berlama-lama mencoba menu yang lain. Jangan dibayangkan sebuah warung kecil, karena sebenarnya Warung Dangau adalah sebuah restoran besar yang sudah maju, lengkap dengan taman bermain anak-anak. Di sebelahnya juga telah berdiri Hotel Dangau, spin-off bisnis dari restoran tersebut.

Konon pemiliknya dulu hanya berjualan nasi goreng pinggir jalan. Setelah semakin ramai, dia mulai berjualan masakan asli daerahnya ini. Saat ini bisnis restorannya semakin ramai, dengan dibukanya hotel dan cabang restoran di Singkawang. Kalau Anda berkendara dari Bandar Udara Supadio, sebelum memasuki kota Pontianak, Hotel dan Warung Dangau ada di sebelah kanan jalan.

Kelebihan dari Warung Dangau adalah masakan yang khas. Dia tidak berusaha untuk menjadi orang lain. Setlist menunya sangat menggoda, membuat saya ingin mencoba banyak sekali. Pada kesempatan ini, selain pacri nanas, saya juga mencoba kari kepiting dan tumis pakis. Keduanya sangat memuaskan. Kari kepitingnya menurut saya salah satu yang terlezat yang pernah saya makan. Tumis pakisnya juga menggoda selera, sangat harum. Ketika makan di Warung Dangau, saya jadi merasa seperti orang Melayu asli. Saya pasti ingin berkunjung kembali suatu saat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar